Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anggota Pramuka MA Manba'ul Ulum Mambak Lakukan Uji SKK Juru Masak Purwa

Anggota Pramuka Mampu Menyiapkan Makanan Sehat dan Bergizi

MAMUMA.sch.id - MA Manba'ul Ulum Mambak, Jepara, menggelar latihan mingguan pramuka pada hari Minggu, 21 Januari 2024. Latihan tersebut bertemakan "Uji SKK Juru Masak Purwa".

Dalam latihan tersebut, anggota pramuka dilatih untuk menyiapkan makanan sehat dan bergizi. Mereka diajarkan cara memilih bahan-bahan makanan yang segar dan berkualitas, serta cara mengolahnya dengan baik.

Para anggota pramuka juga diajarkan cara menyajikan makanan dengan menarik dan menggugah selera.

"Uji SKK Juru Masak Purwa ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota pramuka dalam memasak," kata Pembantu Pembina Pramuka MA Manba'ul Ulum Mambak, Kak Edo.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta anggota pramuka terhadap kuliner tradisional Indonesia," imbuhnya.

Uji SKK Juru Masak Purwa ini diikuti oleh 23 anggota pramuka putra dan putri. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.

Setiap kelompok diberi tugas untuk menyiapkan satu jenis makanan yang terdiri dari olahan daun singkong dan tempe. Selain itu anggota yang lain yang tidak ikut dalam memasak membuat rangkuman materi yang membahas tentang pembuatan dapur, tips menyalakan api terbuka menggunakan kayu tanpa minyak dan cara menyimpan makanan menurut peraturan kesehatan.

Setelah itu, mereka mempresentasikan hasil rangkuman materi mereka kepada kepada teman satu kelompoknya dan berikan pertanyaan oleh kakak pembina dan dewan ambalan.  Setelah makanan siap, mereka menikmati hasil masakannya secara bersama sama.

"Saya senang bisa mengikuti kegiatan ini. Saya jadi belajar banyak tentang cara memasak," kata salah satu anggota pramuka, Alissa sabrina.

"Saya juga senang bisa membuat makanan yang enak dan sehat," imbuhnya.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para anggota pramuka diharapkan dapat meningkatkan keterampilan memasak mereka. Mereka juga diharapkan dapat memiliki bekal ilmu memasak yang handal di masa depan.

Dokumentasi foto lengkap Klik Disini

Post a Comment for "Anggota Pramuka MA Manba'ul Ulum Mambak Lakukan Uji SKK Juru Masak Purwa"