Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa MA Manba'ul Ulum Mambak Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana DKAC CBP KPP Kecamatan Pakis Aji

MAMUMA.sch.id -  Sebanyak 2 kader Pimpinan Komisariat IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) MA Manba'ul Ulum Mambak, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara mengikuti pelatihan kebencanaan dalam kegawatdaruratan. Dua siswa tersebut ialah Nina Safitri dan Anida Rif'atussadah yang sedang menempuh pendidikan di kelas 10 IPS.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kecamatan Pakis Aji, bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jepara, Pramuka Peduli dan Ubaloka Kwarcab Jepara.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 28 - 29 Oktober 2023, di Bumi Perkemahan Pakis Adhi. Materi pelatihan meliputi pengenalan bencana, penanggulangan bencana, dan pertolongan pertama pada kecelakaan, dapur umum dan vertical rescue.

Dalam sambutannya, Ketua PAC IPNU Kecamatan Pakis Aji, Irvan Maulana, menyampaikan "Kami mengapresiasi kepada DKAC CBP-KPP Pakis Aji yang telah membuat pelatihan kebencanaan dalam kegawatdaruratan yang sangat luar biasa bahkan baru satu satunya DKAC CBP KPP di Jepara yang membuat pelatihan seperti ini,..."

"....Harapan kami semoga dengan adanya pelatihan tersebut bisa membuat gebrakan kepada kader - kader DKAC CBP-KPP Pakis Aji untuk terjun langsung kemasyarakat ketika ada kebencanaan seperti kebakaran, longsor, kecelakaan dan lain sebagainya...." kata Irvan Maulana.

"....sehingga eksistensi dari CBP-KPP & IPNU-IPPNU Pakis Aji akan dikenal dikhalayak umum bahwa kader - kader IPNU-IPPNU tidak hanya terbatas belajar religius melainkan juga belajar ilmu-ilmu sosial" imbuhnya.

Pada hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang Dapur Umum, Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan (PPGD) dan Pengenalan Alat Vertical Rescue. Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang vertical rescue, meliputi evakuasi, mitigasi, dan kesiapsiagaan.

Di akhir pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Peserta juga diberikan sertifikat pelatihan. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan kader IPNU dan IPPNU dapat menjadi relawan yang tangguh dalam penanggulangan bencana.

Post a Comment for "Siswa MA Manba'ul Ulum Mambak Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana DKAC CBP KPP Kecamatan Pakis Aji"